Senin, 10 Mei 2010

Perkembangan Islam di Dunia

Masuk dan berkembangnya agama islam sangat ditentukan oleh hubungan para mubalig islam dan masyarakat yang menjadi objek dakwah. Hubungan itu dapat dilakukan lewat jalan perdagangan, perkawinan, atau diplomasi. Meskipun perdagangan itu dilakukan lewat jalan yang beragam, tetapi sejarah mencatat bahwa islam masuk dan berkembang selalu lewat jalan damai bukan dengan kekerasan apalagi ada yang mengatakan dan berpenafsiran keliru bahwa islam islam tersebar ke seluruh dunia lewat jalan pedang.

Selain itu, Perkembangan ajaran islam di dunia serta kemajuan dan kemundurannya umumnya bergantung pada pemimpin dan penguasa islam dalam menyikapi problematika negerinya. Ada pemimpin islam yang berpikiranh cerdas terhadap ilmu pengetahuan sehingga negerinya memperoleh kemajuan pesat, dan ada pula pemimpin islam yang senantiasa bertikai, bermusuhan sehingga berakibat menyengsarakan rakyatnya, dan pada gilirannya terjadi kemunduran.

A. Islam di Benua Amerika

Nama Amerika berasal dari nama penjajah Italia, yaitu Amerigo Vespucci yang melakukan pelayaran pada akhir abad XV dan awal abad XVI. Luas benua Amerika 42.188.568,5 km² dengan jumlah penduduk pada tahun 1989 sebanyak 721.672.000 orang. Benua Amerika terdiri atas Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Datangnya imigran Eropa ke Benua Amerika dimulai setelah penemuan Benua Amerika oleh Colombus. Imigran muslim pertama ke Amerika sebenarnya juga berbarengan dengan Colombus. Penemuan Amerika oleh Colombus bertepatan dengan jatuhnya Granada ke tangan orang Kristen pada tahun 1492. Beberapa tahun kemudian, Kardinal Cysneros pimpinan gereja Spanyol memaksakan agama Khatolik pada jutaan orang islam di sana. Sebagian orang islam tetap tinggal di spanyol sambil menyembunyikan keislaman mereka, tetapi ribuan dari mereka yang biasa di sebut Moriscos meninggalkan Spanyol dan berimigrasi ke Amerika pada abad XVI Sebagian besar mereka menunjukan keislamannya secara terbuka, bahkan mereka pernah mencoba mengislamkan masing-masing West Indians.

Pada abad XVI itu juga, imigran muslim Afrika didatangkan ke Amerika secara paksa sebagai budak belian. Sebagian mereka ini mempertahankan aqidahnya dengan perjuangan bersenjata, Seperti pemberontakanmuslim madendal di Haiti pada tahun 1758. Selain itu, pada tahun1830 orang-orang Afrika islam di brazil berhasil mendirikan sebuah Negara muslim , Tetapi dapat dihancurkan dalam suatu pertumpahan darah empat tahun kemudian.

Pada akhir abad XIX gelombang imigran muslim dating ke benua Amerika khususnya Amerika Serikat, Mereka berasal dari negeri-negeri Syam (Syiria), Libanon, dan sekitarnya. Keturunan mereka inilah yang masih bertahan sampai sekarang ini.

Adapun perkembangan Islam di Amerika yang berasal dari Syiria, Libanon, dan Yordania, Membentuk suatu perhimpunan islam pada tahun 1912 yang berpusat di Detroit, dan mesjid pertama mereka berdiri pada tahun 1919. Tidak ketinggalan, di kalangan muslim dari bangsa yang kulit hitam amerika, ada beberapa yang amat disegani dan berpengaruh terhadap pola hidup umat Islam, mereka adalah Fard Muhammad, yang datang ke Amerika pada tahun 1930. Ajarannya merupakan sinkretisme dari islam, sihir, danb Kristen. Jamaahnya harus memulyakan Alquran. Kemudia eliyah Muhammad sebagai pelanjut dan penyebar ajaran islam dating sebagai nabi palsu bermuka dua. Ia menunjukan kesetiaannya kepada Amerika. Ia mengaku dating di utus Tuhan sebagai juru selamat bangsa kulit hitam, tetapi ternyata tujuannya memperalat mereka untuk memusuhi Amerika. Organisasi mereka bernama American Muslim Mission dan Gerakan Nation of Islam. Eliyah Muhammad adalah pelanjut dan penyebar agama islam, memp[unyai pengaruh yang sangat besar, melebihi pendahulunya, bahkan Eliyah Muhammad menganggap bahwa Fard Muhammad sebagai Tuhan, Sedangkan dirinya sebagai utusan tuhan.

Setelah Eliyah Muhammad meninggal, The Nation of Islam lebih dikenal dengan Black Moslems, popular sejak tahun 1959 dan malcom X adalah murid dan sebagai pengganti Eliyah Muhammad. Namun akhirnya Malcom X menemukan kebenaran, dia berkata, “ Kusadari bahwa kebancianku terhadap bangsa kulit putih adalah suatu kekeliruan dan banyak hal-halyang menyimpang dari islam “.

Kemudian dia berganti nama setelah menunaikan ibadah haji menjadi Malik El syaban dan ia meluruskan kesesatan Black Muslim. Dan pada bulan Febuari1965 , dia tewas ditembak olehkerajaan Eliyah muhammad karena dianggap berkuasa pada tahun1976 Imam Warits Deen Muhammad menukar nama Nation of Islam menjadi Word Community of islam The west. Ia juga mengubah Black Muslim menjadi Bilalian People atau Bilalian America pada tahun 1980 Imam Warits mengimumpan pergantian nama Word Community of Islam The Westmenjadi AmericanMuslim Mission (AMM), dan dengan nama ini menjelaskan bahwa tugas pokok organisasi itu dalam dakwah.

Selain penyebarab dilakukan oleh seseorang keturunan syaria, libanon, dan yorodania, serta orang-orang keturunan kulit hitam, islam berkembang di Amerika disebabkan pula oleh banyaknya mahasiswa –mahasiswa muslim yang menuntut ilmu di Amerika sehingga islam berkembang sangat pesatnya di kampus-kampus. Dari waktu ke waktu musala,masad, dan kelompok studi islam bermunculan, seperti sekolah islam di Chicago dan Toronto, bahkan perguruan tinggi seperti American Islamic College didirikan. Selain itu, beberapa perguruan tinggi membuka jurusan studi islam, seperti Universitas Chicago, Universitas Columbia, Universitas Harvard, Universitas Mc. Gill (Kanada), dan sebagainya. Pada tahun 1982 jumlah orang islam di Amerika 1,3% dari total penduduk amerika. Mereka berasal dari keturunan Afrika Sekitar satu juta orang, sebanyak 900 ribu orang keturunan arab, 450 ribu orang lainnya, terdiri atas orang-orang Yugoslavia, Albania, Turki, da Iran.

Adapun kelembagaan umat islam yang membentuk organisasi islam, Antara lain:
1. Muslim Students Association di kampus llionos.
2. The Association of Muslim Social Scientists
3. The Association of Muslim Scientists and Enginers.
4. Islamic Medical Association.
5. Islamic Society of North America.

B. Islam di Eropa

Eropa merupakan sebuah benua dengan luas 10.600.000 KM² dan jumlah penduduknya sekitar 684.000.000 menurut sensus tahun 1989. Dilihat dari cirri-ciri fisik, orang eropa lazim dibedakan menjadi kelompok Nardik, Alpen, Dinara, dan Mediterania. Bangsa slavia mencakup orang rusia, Polandia, Cekoslovakia, Bulgaria, dan Yugoslavia. Dewasa ini mayoritas penduduk Eropa beragam Khatolik Roma, seperti di Eropa Barat, selatan, dan tengah. Penduduk yang beragam protestan kebanyakan hidup di Eropa Utara, seperti Skandinavia, Finlandia, Jerman, dan Belanda. Adapun umat Islam di eropa diperkirakan 40 juta jiwa.

Orang-orang eropa pertama mengenal islam dari surat yang pernah dikirim Rasulullah saw. Kepada kaisar Romawi. Islam masuk ke eropa lelwat jalur Gibraltar. Pada masa pemerintahan Gubernur Amru bin Ash, Seorang Gubernur di Afrika Utara, beliau mengirim Tariq bin Ziyad untuk menaklukan Andalusia, Spanyol. Nama panglima ini diabadikan menjadi nama selat yang membatasi semenanjung Afrika dengan eropa. Islam pun berkrmbang di eropa sejak abad VII masehi. Ketika daulah Banni Umayyah jatuh, seorang pangeran yang bernama Abdurrahman ad Dakhil melarikan diri ke spanyol. Lewat perjuangan yang berat dia berhasil mendirikan kesultanan dan akhirnya membantuk kekhalifahan sendiri. Puncak kejayaan islam terjadi pada masa Khalifah Harun Ar Rasyid. Pada masa pemerintahan beliau Cordoba dan gradana menjadi kota peradaban dunia, yaitu tempat orang-orang belajar berbagai disiplin ilmu. Mereka berasal dari seluruh penjuru dunia, termasuk Eropa yang saat itu masih jauh tertinggal. Dari jalur Asia, Islam menyebrang ke Rusia dan Yugoslavia pada masa kejayaan Turki Ottoman.

Rata-rata pada setiap Negara terdapat umat islam. Umat Islam di Eropa seperti Albania 20,5%, Belgia 1,1%, Prancis 3%, Rumania 1%, Uni Soviet 11,2%, Yugoslavia 10,4% dan Yunani 1,5%. Sejak Albania menyatakan diri sebagian Negara atheis, Jumlah umat beragama pada tahun 1967 yang sebelumnya islam 70% merosot menjadi 20%, sedangkan sebelumnya Kristen Otrodoks 20% dan 10% Khatolik Roma merosot mwnjadi 5,4%.
Masjid dan gereja banyak yang ditutup dibawah rezim komunis. Pertambahan umat islam yang mencolok terjadi di perancis karena banyaknya umat islam Afrika Utara yang berhijrah ke sana. Di Bosnia terdapat lebih dari 30 kelompok agama, dan kebebasan beragama dijamin oleh undang-undang. Bangsa Kroasia dan Slovenia kebanyakan menganut agama Khatolik Roma, sedangkan Bangsa Serbia, Macedonia, dan Mantenegro menganut agama Kristen Otodoks. Bangsa Bosnia kebanyakan beragama Isalam dan umumnya tinggall di kawasan selatan yang pernah menjadi jajahan turki Ottoman.

Bosnia merupakan Negara persinggihan Serbia dan Kroasia karena terletak di antara kedua Negara tersebut. Serbia da Kroasia melakukan invasi ke Bosnia, Ribuan Orang penduduk Bosnia dibantai secara biadab, tanpa mengenal prikemanusiaan. Tindsakan ini menjurus kepada pemusnahan etnis Bosnia. Serbia melakukan hal ini untuk menghalangi laju perkembangan islam.

Peristiwa ini sangat menyakitkan hati untuk islam sedunia hingga dunia islam mengecam Serbia dan Kroasia, sekaligus melahirkan solidaritas dan dukungan Negara-negara dan umat islam sedunia. Bahkan Presiden Indonesia (Soeharto), Memperkuat dukungannya kepada Bosnia dengan mengunjungi daerah tersebut walaupun pasukan PBB tidak menjamin keselamatan beliau.
Dunia menganggap kedatangan ini sebagai suatu tindakan nekad dan amat berbahaya. Namun, semangat prajurit TNI yang dimiliki Soeharto, Mengalahkan kekhawatiran dunia diplomatik.

C. Islam di Australia

Australia adalah suatu benua yang terletak di Samudera Pasifik. Australia merupakan Negara anggota pesemakmuran Inggris yang berpenduduk 16.090.000 jiwa, dan 0,5% dari pendudukp tersebut menganut agama islam. The Commonwealth of Australia merupakan federasi dari enam Negara bagian, yaitu New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Selatan, Australia Barat, dan Tasmania. Kepala negaranya adalah ratu inggris yang diwakili oleh gubernur jenderal, dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri, penduduk aslinya adalah suku Aborigin.

Setidaknya ada dua pendapat tentang masukannya islam ke Australia, yaitu yang disebarkan oleh muslim Indonesia dan muslim Afganistan.

1. Penyebaran Islam oleh Muslim Indonesia

Sejak abad XVI, nelayan muslim dari makassar secara rutin menangkap teripang di pesisir urata Australia. Sebagian dari mereka menetap dan berketurunan di daerah Queensland.

Petani tebu pun pernah didatangkan dari penduduk banten, Jawa Barat, pada tahun 1880-an M, setelah meletusnya Gunung Krakatau. Sebenarnya, niat mereka pada mulanya adalah mencari emas. Ternyata informasi tentang emas hanya suatu penipuan dalam rangka menjaring tenaga kerja. Pada akhirnya, orang-orang yang berasal dari makassar dan banten tersebut sama-sama menetap, mempunyai keturunan dan mengamalkan serta menyebarkan ajaran dan agama islam di sana.



2. Penyebaran Islam oleh Muslim Afganistan

Pada pertengahan abad XIX, pemerintah Australia mencanangkan pembangunan Lintas Australia dari selatan ke utara, antara Adelaide dan Darwin. Untuk itu, dibentuklah tim ekspedisi yang mendatangkan 24 ekor unta Peshawar yang diawasi oleh Dost Muhammad, seorang pengembala dari afganistan yang menetap di Khasmir. Dost Muhammad ini sampai di Victoria pada tahun 1860.

Pada tahun 1872 datang lagi 12 orang peternak muslim dari Afganistan, India, Balukhistan serta dari Pakistan membawa 120 ekor unta. Lama kelamaan pengembala muslim ini beralih profesi menjadi petani, peternak, bahkan pedagang. Mereka tetap mengamalkan dan menyebarkan ajaran agama Islam di Australia. Penduduk asli pun mengenal islam lewat amaliah dan perikehidupan umat islamini. Di antara mereka ada yang menikah dengan penduduk asli yang terlebih dahuludiislamkan calon pasangan hidupnya. Jumlah umat islam pun bertambah dari para mualafdan dari keturunan mereka. Namun, pada generasi selanjutnya identitas islam semakin menipis karena memang para pengembalaini tidak ada yang ahli agama islam. Selain itu, mereka sibuk menghadapi kehidupan sehingga semangat sedikit kesempatan mengakarkan agama kepada keturunannya.

Sekitar tahun 1906 pemerintah Australia memberi peluang masuknya penduduk asing ke Australia. Kesempatan ini di manfaatkan warga Negara lain untuk hijrah ke dunia ini, tidak sedikit di antaranya berasal dari Negara muslim. Bahkan, pada abad ke-20 ini perkembangan masjid Australia cukup mengembirakan, karena banyaknya masjid yang dibuat oleh arsitek yang berasal dari penduduk pribumi Australia, diantaranya:

a. Pada tahun 1907 di Brisbane didirikan masjid yang indah dan besar oleh arsitek Syarif Abosi dan Ismeth Abidin.
b. Pada tahun 1967 di Queensland didirikan masjid lengkap dengan Islamic Center di bawah pimpinan Fethi Seit Mecea.
c. Pada tahun 1970 di Mareebe diresmikan sebuah masjid yang mampu menumpang jamaah sekitar 300-an dengan imamnya H. Abdul Lathief.
d. Di kota Sarrey Hill dibangun masjid raya Faisal dengan bantuan pemerintah Arab Saudi.
e. Di Sidney dibangun masjid dengan biaya 900.000 dollar Amerika.

Pada saat sekarang ini diperkirakan umat islam di Australia mencapai 350.000 orang dari 18 juta penduduk.

Adapun pendidikan islam di Australia yang diselenggarakan agar dapat melestarikan pertumbuhan islam disana, maka diBrisbane didirikan Queensland Islamic Society yang bertujuan menyadarkan anak-anak muslim untuk melakukan salat dan hubungan baik sesama manusia. Pelajarannya terdiri atas anak –anak berasal dari Indonesia, India, Pakistan, Turki, Libanon, Alobania, dan Australia sendiri. Mereka selama 5sampai 15 tahun menerima pelajaran Alquran dan tata kehidupan secara islam.

Perkembangan Islam di Australia tidak banyak mengalami hambatan. Dalam usaha meningkatkan kemajuan islam, hamper di setiap kota di Australia didirikan organisasi Islam, diantaranya:

1. Australia Federayion of Islamic Councils(Federasi Dewan-dewan Australia)yang berfusat di Sidney. Federasi ini merupakan nbadan koordinasi seluruh organisasi umat islam, organisasi social, dakwah, mahasiswa, dan pengusaha yang ada di setiap Negara bagian Australia.

2. Federation of Islamic Societies (Federasi Masyarakat Islam), Organisasi itu bersifat nasional meliputi 35 organisasi masyarakat islam local ditambah dengan 9 dewan Islam Negara-negara bagian. Yaitu masai (pengembala), Kikuyu(petani),dan sullu (peternak dan petano).

Sementara Rasullulah hidup, islam telah dikenal di daratan afrika. Nabi Muhammad saw. Teleh memberi pemerintah kepada para sahabat untuk membawa surat yang isinya merupakan seruan untuk masuk islam.
Diantara utusan allah itu adalah:
a. Amir bin ummayah ad Dhamy yang diutus kepada rajasi, yaitu raja hasbyah (Etiopia).
b. Hathib yaitu raja abi batla’ah yang diutus kepada Muqaqis raja Mesir.

Setelah Rasulullah saw. Wafat, uisaha mengislamkan masyarakat Afrika tidak berhenti , Para Khulafaur Rasyidun tetap meneruskan cita-cita Rasulullah saw…

Islam masuk ke mesir pada masa Umar bin kphattab mengirim tentara yang di pimpin oleh Amru bin Ash dengan menaklukan kota Al Arisy, Alfarma, billis, dan Ummu Dunnen. Lalu ditaklukan juga daerah Ainu Syams, setelah itu, tentara islam menuju kota Iskandariah.

Kota ini dipertahankan sekuat tenaga oleh Bangsa Romawi karena kota ini dianggap sangat penting dan jika kota iskandariah jatuh ke tangan umat islam, maka romawi akan kehilangan mesir sebagian kekuasannya. Lalu kota iskandariah jatuh ke tangan umat islam setelah dikepung selama 14 bulan. Negeri tersebut dapat dikuasai oleh Amru bin Ash pada tahun ke-20 Hijriah. Setelah itu, Islam mulai berkembang luas meliputi sebelah barat sungai Euphart dan timur sungai Juhun, Selatan Laut Hindia dan sebelah utara Negara Armenia.

Islam masuk ke sudan pada masa perluasan yang dilakukan oleh abdllah bin Said abi Sarah. Penyebaran islam di sudan, mdilakukan dengan cara mengajarkan ilmu tasawuf dan ajaran filsafat. Oleh karena itu, banyak ahli tarekat dan tasawuf yang mansyur dan berpengaruh ndi kalangan muslim di sudan pada saat itu, antara lain Abdul Kadir Jaelani (1179-1186 M) dan Abdul Hasan Asyadzili(1196-1258)

Islam masuk ke Uganda melalui Zanzibar oleh para dai pada masa pemerintah raja suna pada tahun 1833-1860 M dan pada masa pemerintahan Raja Munawaja pada tahun 1884-1897 M.

Kemudian agama islam dijadikan agama resmi Negara. Pada masa raja Bajaudah yang terpikat leh Negara agamaNasrani terjadilah persaingan hebat antara penyiaran islam dan masrani. Persaingan Penyiaran agama di Uganda ini adalah untuk memperebutkan golongan animisme agar dapat masuk kepada agama masing-masing.

Islam masuk ke Somalia satelah nasrani lebih dahulu masuk. Pada waktu islam masuk ke negeri tersebut, terjadilah perang agama. Akhirnya agama islam dapat berkembang pesat di Somalia. Di Zimbabwe dibawa oleh orang-orang arab melalui Zanzibar, yaitu dengan mengislamkan suku-suku Aisiyu dan Asyibita da suku-suku lainnya. Islam masuk ke Kenya dibawa oleh orang-orang Oman melalui Mukodisyir, di Afrika Selatan islam masuk dibawa oleh orang-orang keturunan Melayu, keturunan Arab, Srilanka, Indonesia, Yaitu disebarkan oleh para dai buanganpolitik pada masa penjajahan belanda.

Islam masuk ke Senegal pada abad ke-11, sebelumnya telah berkembang kerajaan Tukular kuno di Tekrur, di lembah sungai Senegal pada abad ke-9 sebagai tempat berhentinya rute dagang lintas sahara para Khalifah suku moor. Sejak memeluk islam, penduduk suku Tukular kemudian menjadi mubalig di kawasan Afrika Barat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar